Sambutan Imam Bukhori pada Acara MusrenbangDes 2020.

 

Bakauheni – Agenda Tahunan desa Totoharjo dalam bidang pembangunan desa digelar pagi ini di gedung Balai desa, Jumat, (13/8).

Agenda tahunan Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (MusrenbangDes) tahun anggaran 2021tersebut, selain dihadiri oleh seluruh unsur aparatur pemerintahan desa dan perwakilan seluruh elemen desa, juga dihadiri oleh seluruh unsur uspika kecamatan bakauheni dari Camat hingga segenap UPT kecamatan bakauheni.

Imam Bukhori dalam sambutannya memaparkan capaian capaian pembangunan Desa pada tahun 2020 baik pembangunan infrastruktur fisik, keagamaan, pendidikan, sosial dan budaya.
“Capaian kami hingga saat ini hampir tercover semua sesuai RAPB Desa tahun 2020, terlebih dalam bidang infrastruktur fisik” Terang Kades muda tersebut.

Jika kita menelisik keberbagai wilayah Desa yang terdiri dari 6 dusun tersebut, akan kita dapatkan bahwa pembangunan memang sudah merata dan mengalami kemajuan yang signifikan.
“Tahun ini, dan sudah kita selesaikan adalah Rabat Beton di 3 dusun, yakni dusun Ketileng, Dusun Cirebon dan Dusun Karang Indah, dengan total panjang kurang lebih 908 meter”, Imbuhnya.

Selain capaian pembangunan infrastruktur jalan, tahun ini Totoharjo menggelontorkan dana ratusan juta guna memberikan bantuan tunai terkait Pandemi Covid-19 sebesar 600 ribu kepada warga yang memenuhi persyaratan.

Pada bidang Pembangunan infrastruktur, desa Totoharjo diperkirakan sudah 85% capaiannya dengan asas pemerataan pada seluruh dusun yang ada, begitu pula dalam bidang pariwisata, Totoharjo melalui pokdarwisnya saat ini sedang mengelola obyek wisata pulau mengkudu,
Obyek wisata bahari yang akhir akhir ini menjadi viral diberbagai lini media sosial memang memiliki view yang sangat memanjakan mata, selain didukung oleh keelokan panorama pantai, wisata pulau mengkudu juga dilengkapi dengan fasilitas fasilitas yang lengkap seperti banana boat, jet sky, hingga dome untuk wisatawan yang bermalam di pulau mengkudu.

Totoharjo selain memperhatikan pembangunan infrastruktur fisik, juga begitu memperhatikan pembangunan sosial, dimana dalam beberapa tahun terakhir ini Totoharjo selalu menganggarkan Bedah rumah bagi warga yang memenuhi syarat, dana yang diambil dari Dana Desa itu memang begitu menyentuh, dan hal ini yang menjadikan Camat Bakauheni, dalam sambutannya mengatakan bahwa hal seperti ini patut dicontoh dan sangat inspiratif.

Imam menyampaikan, Tahun ini Totoharjo menganggarkan bedah rumah sebanyak 6 unit, dan hal itu akan terus dianggarkan dalam RAPBDES secara berkesinambungan.

“Kami, tahun lalu ada 4 rumah dan tahun ini ada 6 rumah, dan tahun depan kami ingin lebih banyak lagi, mengingat untuk pembangunan infrastruktur fisik sudah hampir merata” Pungkasnya.

Pewarta: Alg
Editor: Alg
Photo: Alg

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *