Pelayanan Kependudukan Online Disdukcapil Lampung Selatan, dengan satu nomor Kontak untuk satu bentuk pelayanan. (Gambar dari Website Disdukcapil Lamsel
Pelayanan Kependudukan Online Disdukcapil Lampung Selatan, dengan satu nomor Kontak untuk satu bentuk pelayanan. (Gambar dari Website Disdukcapil Lamsel

Hatta – Deratan Inovasi yang diluncurkan oleh Pemda Lampung Selatan dalam hal pelayan membawa angin segar bagi seluruh lapisan masyarakat bumi Khagom Mufakat.

Salah satunya adalah gebrakan inovasi ditubuh dinas kependudukan dan pencatatan sipil ( Disdukcapil ).
Dimana yang awalnya hanya melayani pelayanan secara offline, untuk pelayanan seputar kependudukan seperti Nomor Induk Kependudukan, Kartu Keluarga, Kartu Identitas Anak, Surat pindah dan Datang, Akta – Akta dan layanan lainnya yang masuk dalam ranah kewenangan Disdukcapil Lamsel saat ini membuka layanan secara Online yang mereka beri Nama Pelayanan PAK Ja – Ja ( Jarak – Jauh ), dan untuk semakin memudahkan masyarakat dan memberikan pelayanan yang maksimal, pihak Disdukcapil membagi pusat pelayan online ini dengan menjadikan satu nomor layanan untuk satu item layanan dokumen kependudukan, misal jika warga ingin membuat KTP maka menghubungi nomor kontak layanan khusus pengurusan KTP, Untuk layanan Kartu Keluarga menghubungi nomor layanan khusus Kartu Keluarga dan begitu seterusnya.

Hal tersebut tentu menjadi sebuah kabar yang menggembirakan bagi masyarakat Lampung Selatan.
Pasalnya mereka tak usah repot repot dan jauh jauh datang ke kantor Disdukcapil jika ingin mengurus dokumen kependudukan mereka, cukup dengan masuk ke website yang telah diluncurkan oleh pihak Disdukcapil.
Untuk layangan kependudukan online, masyarakat bisa masuk ke link alamat domain https://pake-oli.lampungselatankab.go.id/main , disana ada sudah sangat lengkap dari menu menu layanan hingga waktu pelayanan.

Untuk waktu pelayanan Pak Ja-Ja ini hari senin hingga juma’t dimulai Pukul 07:00 Wib hingga pukul 17:00 Wib, sedangkan untuk hari sabtu dan minggu tidak ada layanan.
Layout interface website layanan Pak Ja-Ja sangat sederhana sehingga sangat memudahkan bagi masyarakat yang masih awam sekalipun untuk mengaksesnya, dan
layanan Pak Ja-Ja dapat di akses melalui Smartphone maupun perangkat komputer atau laptop.

Peluncuran layanan kependudukan Online ini disampaikan oleh Drs. Edy Firnandy, M.S.i.
Kepala Disdukcapil Lampung Selatan ini menyampaikan hal tersebut dalam acara Pembinaan Kepala Desa, Aparatur Desa dan Badan Permusyawaratan Desa ( BPD ) di Desa Hatta pada Jum’at Siang ( 18/2) sesaat setelah usai acara Musrenbangcam kecamatan Bakauheni.

“Kami berusaha berikan kemudahan bagi masyarakat Lampung Selatan dengan kami luncurkan Pelayanan Kependudukan Online Disdukcapil, jadi warga bisa buat KK dan akta akta dari rumah, gak usah datang ke kantor” Ungkap Edy.

Layanan berbasis online ini merupakan sebuah terobosan sangat inovatif yang perlu kita berikan apresiasi atas kinerja Disdukcapil dan Pemda Lampung Selatan.

” jadi jika ada warga yang ingin membuat dokumen kependudukan tinggal hubungi kami lewat Wa lalu nanti kita video call, dokumen jadi langsung kami kirim melalui paket kerumah warga” imbuhnya.

Kemudahan pelayanan kependudukan tersebut harusnya menjadikan masyarakat lampung selatan tak lagi mengabaikan masalah dokumen kependudukan mereka, karena mereka dengan sangat mudah dimanapun berada untuk mengurus dan melengkapi dokumen kependudukan mereka.
Setelah melalui prosedur dan langkah demi langkah yang ada didalam pelayanan Pak Ja-Ja ini selesai, maka dokumen yang di inginkan akan dikirim oleh pihak Disdukcapil ke alamat warga tersebut. (Alg)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.