Totoharjo Post, Pasar Tradisional Desa Totoharjo yang terletak di Samping Balaidesa Totoharjo sudah hampir 1 (satu) Tahun beroperasi, pasar yang dibina langsung oleh pemerintah Desa tersebut mendapatkan respon positif dari kalangan pedagang dan pembeli, dimana para pembeli khususnya wilayah Totoharjo , Semana, Hargo Pancuran dan selainnya tidak harus jauh jauh untuk berbelanja.

para pedagang pasar selain dari warga desa Totoharjo juga banyak yang berasal dari pendowo, pasuruan, penengahan, pesisir, bakauheni dll. dari investigasi yang kami lakukan para pedagang merasa nyaman berdagang di pasar totoharjo dan sangat senang karena warga Totoharjo dan sekitarnya ternyata sangat konsumtif, jelas Sumarni salah satu pedagang yang berasal dari pasuruan.

dengan tingginya daya beli dari warga sekitar membuat para pedagang semakin semangat menjajakan dagangannya, varian barang yang perjual belikan tidak jauh beda dengan pasar pasar lainnya, ada sayur mayur, kuliner, sembako, pakaian, barang pecah belah dll. seorang pedagang yang enggan disebut namanya mengatakan bahwa pendapatan berjualan dipasar Totoharjo seimbang dengan pendapatannya berdagang dipasar pasar yang sudah belasan atau puluhan tahun beroperasi.

“sekarang kami tidak perlu jauh jauh lagi untuk menjual hasil tanaman kebun dan hasil bumi”, Tutur Salah satu warga. tidak bisa kita pungkiri bahwasanya pasar adalah pusat perputaran perekonomian yang dominan. pemerintah desa berharap kedepannya pasar tersebut mampu menjadi pusat perekonomian dan Perdagangan Regional.

keberadaan Pasar Tradisional tersebut sangat membantu dalam meningkatkan perekonomian warga Totoharjo khususnya dan masyarakat luas umumnya, ini sudah dirasakan baik oleh para pedagang maupun pembeli. Pasar yang beroperasi setiap hari Senin, Kamis dan Sabtu tersebut terus berbenah diri untuk mencapai tujuan utama didirikannya pasar yakni menjadi pasar modern. (dar-alghurobaa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.