Personil LPHD Desa Totoharjo saat kegiatan penanaman 100 bibit pohon aren di berbagai area sumber air gunung Rajabasa. ( photo oleh sumardi)

 

TOTOHARJO – Lembaga Pengelola Hutan Desa ( LPHD ) Desa Totoharjo, hari ini (24/6) melakukan penanaman 100 batang bibit pohon aren di sejumlah titik sumber air di wilayah hutan Desa.

Pohon aren secara empiris telah terbukti mampu menghasilkan debit air yang cukup banyak dan juga mampu memberikan suplay air ketanaman sekitar melalui proses evaporasi dan transpirasi, hal tersebut menjadi salah satu alasan untuk memperbanyak penanaman pohon aren disetiap titik sumber air dikawasan hutan lindung Gunung Rajabasa.

Sumardi bersama rekan rekannya dari LPHD Desa Totoharjo membagi penanaman pohon aren dibeberapa titik sumber air dengan harapan agar nantinya pohon tersebut mampu memberikan asupan tambahan debit air pada sumber sumber air yang ada di tempat tersebut sehingga tak sampai terjadi krisis air saat musim kemarau tiba.

” 100 batang bibit aren kita dapat dari bantuan Dinas Kehutanan dan kita tanam disemua titik sumber air di hutan Rajabasa” Ungkap Sumardi.

Hampir 80% warga Desa Totoharjo bergantung pada sumber air Hutan Desa untuk memenuhi kebutuhan mereka sehari hari seperti untuk  mandi dan mencuci hingga  untuk kebutuhan minum dan memasak.
Penanaman bibit aren yang diperoleh dari bantuan Dinas Kehutanan Lampung Selatan ini selain bermanfaat untuk lingkungan juga bermanfaat untuk warga, dimana buah aren dapat di olah menjadi gula aren atau dikonsumsi sebagai campuran aneka macam minuman es dan takjil khususnya di sepanjang bulan Romadhon.

Kegiatan ini harapannya bisa menjadi motivasi bagi LPHD Desa lainnya, selain untuk menjaga keberlangsungan ekosistem alam dan menjaga kestabilan  sumber air yang ada, juga sebagai upaya penghijauan dan pemeliharaan Hutan Desa. (Alg)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.