Kondisi jalan setelah dicor secara swadaya masyarakat setempat ( 1/10. Photo : Alg)

TOTOHARJO – Ruas Jalan Waybaka-Totoharjo Saat ini banyak mengalami kerusakan diberbagai titik, di wilayah administrasi Desa Totoharjo saja setidaknya ada 11 titik kerusakan, 2 diantaranya masuk dalam kategori rusak berat yakni dititik Dusun Sidodadi dan Dusun Melati Indah, titik Melati indah yang paling berat kerusakannya.

Titik tersebut berada di tanjakan Jembatan Batas Dusun Sidodadi dan Dusun Melati Indah dengan panjang kurang lebih 25 meter.

Masyarakat telah beberapa kali menyampaikan hal tersebut kepada pihak PU Kabupaten namun Alhasil belum ada kepastian kapan akan ditindak lanjuti.

Berangkat dari lambatnya respon dinas terkait, maka secara Swadaya, Masyarakat Dusun Melati Indah dibawah komando Seger Pamungkas selaku Kadus Melati indah dan Ediyanto selaku ketua RT setempat, melakukan perbaikan Jalan yang rusak Dengan alat seadanya.

Mereka bergotong royong melakukan pengecoran pada lubang jalan yang menganga lebar dan dalam disana sini.

Menurut warga di titik ini sudah sering terjadi kecelakan baik pengendara motor roda 2 maupun mobil, menurut pemantauan kami memang titik ini adalah yang paling parah kerusakannya disepanjang ruas Waybaka-Totoharjo, lapisan aspal yang mengelupas dan terangkat lalu tergerus oleh air hujan sehingga meninggalkan lubang yang cukup dalam yang hampir menghabiskan badan jalan.

“Udah banyak korban kecelakaan disini, mau simpangan motor aja susah selip dikit masuk lubang lah jatuh akhirnya” ujar sesorang warga.

Jalan Kabupaten yang menghubungkan 3 kecamatan tersebut memang saat ini semakin padat lalu lintasnya dari kendaraan kecil hingga besar siang dan malam senantiasa melintas dijalur tesebut.
Harapan warga kepada pihak terkait agar sesegera mungkin melakukan perbaikan dititik tersebut.

” Ini kan Jalan Kabupaten, jadi ini kewenangan dinas PU Kabupaten, harusnya bisa lebih cepat ditindaklanjuti.” Tutur salah seorang warga.

Menurut pemantauan kami, kontur tanah di titik yang rusak tersebut selain tepat di tanjakan juga jenis tanahnya yang liat membuat lapisan aspal tak mampu bertahan lama, mudah terangkat dan terkelupas.

” ini jenis Tanahnya liat mas , jadi harus di rabat beton baru dia kuat, kalau tidak ya akan rusak lagi apalagi ini tiap hari dilewati truk bermuatan berat” Pungkasnya. ( Alg)

One thought on “Tak Direspon, Ramai Ramai Warga Turun Tangan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.