Imam Bukhori bersama UPT Puskesmas Rawat Inap Bakauheni dalam sesi sambutannya ( Photo dibidik oleh Sigit Royani)

 

Totoharjo – Musim penghujan telah tiba dengan intensitas hujan yang relatif cukup tinggi.
Berkenan dengan hal itu, hari ini (30/1) UPT Puskesmas Rawat Inap Kecamatan Bakauheni mengadakan Musyawarah Masyarakat Desa di Aula gedung balaidesa Desa Totoharjo.

Musyawarah dihadiri oleh segenap Kepala dan staff UPT Puskesmas Rawat Inap Bakauheni juga hadir kepala Desa Totoharjo beserta segenap jajaran Aparatur Desa Totoharjo dan tim penggerak PKK Desa Totoharjo.

Musim penghujan identik dengan mulainya timbul berbagai gangguan kesehatan yang terjadi ditengah masyarakat, Musyawarah Masyarakat Desa yang digelar oleh UPT Puskesmas Rawat Inap Bakauheni yang digelar bertepatan dengan musim penghujan ini sangat tepat untuk memberikan himbauan kepada masyarakat untuk menjaga kesehatan dengan diawali menjaga Kebersihan lingkungan agar jentik jentik nyamuk tidak dapat berkembang biak secara masif.

Dalam sesi sambutannya, kepala Desa Totoharjo menghimbau kepada seluruh aparatur desa untuk menyampaikan kepada masyarakat agar sekiranya menanam tanaman Obat keluarga disetiap pekarangan rumah masing masing, hal ini selain berguna sebagai tanaman penetralisir toksin diudara disekitar rumah juga diharapkankan TOGA ini dapat menjadi tanaman obat herbal yang dapat berguna bagi Keluarga.
” Nanti tolong kepada Kaur dan kadus agar menghimbau warganya untuk menanam TOGA di pekarangan Rumah masing masing” Kata Imam Bukhori.

Hal diatas disambut baik oleh KUPT Puskesmas Rawat Inap Bakauheni, dalam pemaparannya Narni menyampaikan prioritas prioritas program kesehatan ditahun 2020, melakukan perumusan masalah masalah seputar kesehatan seperti masalah Hypertensi dan diabetes, TBC, gangguan kejiwaan, stunting, dan tak ketinggalan masalah klasik yang hingga saat ini masih menjadi fenomena gunung Es yaitu masalah anggota keluarga Merokok.

Khusus untuk penyakit Diabetes yang saat ini grafiknya masih menduduki posisi tertinggi hendaknya mendapatkan perhatian lebih serius lagi, hakikatnya suatu penyakit itu tidaklah datang dengan sekonyong konyong namun melalui proses sedikit demi sedikit dan hal ini dipengaruhi oleh pola hidup masyarakat.
Permasalahan tersebut dijabarkan oleh staff UPT Puskesmas Rawat Inap Bakauheni dalam sesi tanya jawab.

Selaras dengan konsep hidup sehat yang digaungkan oleh praktisi praktisi kesehatan dan yang berkompeten dibidangnya, bahwa pola hidup menjadi salah salah penentu yang dominan terhadap penyakit yang diderita seseorang, pola hidup yang baik dan memenuhi standar kesehatan memang telah terbukti mampu menekan meningkatnya penderita Hypertensi dan diabetes.

Kesehatan adalah anugerah yang agung dari Allah Subhanahu wa Ta’ala maka dari itu wajib bagi kita semua untuk menjaga kesehatan kita dan salah satu jalan menempuh sebabnya adalah menerapkan Pola Hidup Sehat. (Al-g)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.