Kelompok Wanita Tani Kejora Desa Totoharjo dengan jajakan dagangan sayur mayurnya. (poto : Alg )
Produk UMKM Kader PPK Desa Totoharjo turut memeriahkan Acara Road Show Duta Swasembada Gizi Lamsel, Winarni Nanang Ermanto, Rabu 27/7. ( Photo : Alg )

 

 

TOTOHARJO– Kunjungan Duta Swasembada Gizi Lampung Selatan Winarni Nanang Ermanto dalam agenda Road Show-nya di Kecamatan Bakauheni, yang dihelat di lapangan Sepak Bola Desa Totoharjo, Rabu (27/7) mendapat antusias yang tinggi dari seluruh elemen uspika kecamatan dan masyarakat sekecamatan Bakauheni, dari kalangan akademisi, Kesehatan, Kesenian dan Budaya, para pelaku UMKM hingga para petani dan pekebun.

Semua elemen ikut andil memeriahkan rangkaian acara road show istri orang nomor satu di Lampung Selatan itu,
berbagai pelayanan publikpun di gelar, dari KUPT Kesehatan membuka pelayanan pengobatan gratis, Vaksin Gratis Hingga Sunatan Gratis, dari KUPT Pajak juga membuka pelayanan pajak , dan tak mau ketinggalan dari PAUD Sabili Rosyad Desa Totoharjo juga membuka stand tenda yang menyajikan aneka olahan makanan multigizi dari makanan untuk ibu hamil hingga olahan makanan untuk bayi sesuai strata usia, disampingnya ada stand ibu ibu penggerak PKK Desa Totoharjo yang menjajakan berbagai olahan makanan ringan hasil dari Unit UMKM mereka serta sayur mayur hasil dari kebun Desa yang mereka Kelola, tak mau kalah juga para wanita tani yang terangkum dalam wadah Kelompok Wanita Tani Kejora ( KWT Kejora ) Desa Totoharjo, merekapun menawarkan produk-produk UMKM miliknya ,ada kopi bubuk dan lainnya juga berbagai hasil cocok tanam mereka
seperti sawi, daun seledri, daun salada, petai, cabai dan lain sebagainya.

Saat menyinggahi stan stan tersebut, Winarni Nanang Ermanto memborong produk yang di jajakan, sontak hal tersebut di ikuti oleh para kadis yang juga turut serta memborong.
iyeh, Salah satu kader PKK dan juga Anggota Kelompok Wanita Tani Kejora Desa Totoharjo mengatakan bahwa produk mereka telah ludes di borong. ” Ini semua sudah ada yang beli, ini punya ibu (Red- Winarni Nanang Ermanto) dan ini punya ibu ibu Kadis” Ungkap Iyeh.

Sayur mayur yang masih berada didalam media tanam polibag itu memang terlihat sangat segar dan menggoda dengan warnanya yang hijau segar, tak heran jika hal itu membuat Winarni beserta rombongan tergiur untuk memborongnya.

Tak hanya Winarni beserta rombongan saja yang menyerbu stan milik PKK dan KWT Kejora Desa Totoharjo, namun para pengunjung yang berasal dari warga setempatpun ikut menyerbu dagangan mereka, Dasih warga Dusun Sidodadi, dia mengutarakan telah membeli satu paket cabai merah bersama temannya.

Harapan para pelaku UMKM ini, pemerintah sudi memberikan perhatian yang lebih lagi terhadap upaya mereka dalam memberdayakan aset alam yang mereka miliki sebagai upaya mendongkrak perekonomian keluarga,
pelatihan pelatihan yang terkait dengan pemberdayaan alam dan eplorasi sumberdaya alam dan sistem marketing untuk memasarkan produk produk mereka sangat dibutuhkan dan hal tersebut yang masih minim untuk saat ini.

Besar harapan mereka,dinas terkait dapat membantu dan mensupport usaha UMKM mereka ini, sehingga
UMKM mereka dapat melebarkan sayapnya keberbagai lini usaha dan produk mereka dapat merambah kepangsa pasar yang lebih luas. (Alg)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.